Sabtu, 03 Desember 2011

AVG antivirus

kali ini saya akan sedikit mengulas tentang AVG anti virus

AVG Antivirus sudah bukan nama yang asing bagi pengguna komputer di seluruh dunia. Tapi, apa saja kekurangan dan kelebihan AVG Antivirus yang perlu Anda ketahui? Tulisan ini akan membahasnya berdasarkan pengalaman pengguna di Indonesia.

Seperti kita ketahui, setiap hari bermunculan virus baru yang bergentayangan di dunia maya dan siap menyusup ke jaringan komputer Anda. Ada berbagai cara yang digunakan virus untuk menginfeksi komputer PC atau laptop, yakni sebagai berikut.
  1. Melalui program dan dokumen. Ini banyak terjadi pada komputer jaringan, satu komputer mengakses komputer lain lewat jaringan LAN. Kemudian, virus menyebar di antaranya.
  2. Internet. Pada dasarnya, internet adalah komputer jaringan juga. Proses infeksi biasanya melalui proses download.
  3. Email yang membawa virus. Biasanya, dalam bentuk attachment, bahkan ditemukan beberapa email yang mengandung script berbahaya.
  4. CD, disket, atau USB flash disk. Biasanya, disket atau flash disk tersebut diakses oleh komputer bervirus. Lalu, virus menyebar saat diakses oleh komputer lain.
Gejala Komputer Terinfeksi Virus
Komputer yang terinfeksi akan menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut.
  1. Komputer menjadi lemot, bekerja tidak secepat biasanya. Bahkan, berhenti merespons perintah.
  2. Komputer hang, tiba-tiba merestart dengan sendirinya.
  3. Program-program berjalan tidak seperti biasanya.
  4. Program antivirus tidak bisa dijalankan dan tidak bisa diinstall ulang.
  5. Program terhapus dari komputer.
Memilih Antivirus
Antivirus dewasa ini sudah menjadi kebutuhan tersendiri mengingat mobilitas komputer dan nyaris jarang ditemukan komputer yang tidak terhubung ke dalam jaringan. Dengan kata lain, risiko penularan virus sangat besar, tidak bisa tidak, antivirus harus digunakan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih antivirus.
  1. Harga. Walaupun saat ini banyak antivirus gratis, jika Anda menghendaki tingkat proteksi yang lebih baik, dianjurkan untuk memakai software berbayar. Harganya bervariasi dan mudah ditemukan review-nya di internet.
  2. Reputasi. Antivirus yang baik adalah yang memiliki reputasi baik di kalangan pengguna. Maka, cukup penting bagi kita untuk mengetahui antivirus mana yang direkomendasikan berdasarkan survei.
  3. Kemudahan dalam instalasi dan penggunaan.
  4. Dukungan teknis pelayanan dan informasi virus.
  5. Frekuensi update. Semakin sering antivirus merilis update baru, akan semakin baik.
Virus memang menjadi masalah tersendiri bagi pengguna komputer, terutama yang terkoneksi dengan internet. Setiap hari, virus baru bermunculan dan bergentayangan di dunia maya. Sekali saja virus melihat celah masuk ke dalam komputer Anda, maka virus akan menyusup.

Virus adalah semacam program komputer yang mengancam keamanan file dan merusak sistem pada komputer Anda. Ada beberapa jenis virus dengan cara kerja yang berbeda-beda. Di antaranya:
  • Virus File, adalah virus yang bekerja dengan cara menginfeksi aplikasi atau dokumen, kemudian menular dengan cepat saat file tersebut diakses.
  • Virus Boot Sector, adalah virus yang menginfeksi boot sector, yaitu daerah yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan, dan membuat gangguan saat booting.
  • Virus Email, adalah virus yang menyebar melalui email, biasanya berbentuk file attachment, dan mampu mengirimkan dirinya sendiri lewat akun email yang ada dalam komputer tersebut.
  • Virus Multipartite, adalah virus yang menginfeksi file dan boot sector sekaligus, sehingga sering menimbulkan kerusakan fatal.
  • Virus Polimorfis, adalah virus yang mampu mengubah kode dan berganti wujud saat menyebarkan diri sehingga sulit dideteksi.
  • Stealth Virus, adalah virus yang mampu menyembunyikan diri di dalam file, dan membuat tampilan seolah-olah file tersebut tidak bermasalah.
  • Virus Makro, adalah virus yang langsung menginfeksi aplikasi dan memodifikasi perintah untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.
Sekilas AVG Antivirus

Software perlindungan program komputer ini dirancang untuk melindungi komputer dari serangan virus, menyediakan fasilitas gratis dan berbayar. Pada 2010, AVG mengeluarkan versi terbarunya, yaitu AVG Antivirus Free Edition 10.0.

Pada versi ini, beberapa fitur yang menjadi andalan pada versi sebelumnya tetap dipertahankan, bahkan performanya ditingkatkan. Selain itu, versi ini dilengkapi fitur baru seperti AVG Antivirus Social Networking Protection yang memungkinkan Anda men-scan link (tautan) pada situs jejaring sosial seperti twitter, facebook, dan sebagainya.

Selain itu, kelebihan lain yang ditawarkan versi ini adalah fitur PC Analyzer yang memungkinkan program scanning pada registry Windows dan hardisk dengan sistem menyerupai disk defragmenter dan broken shortcut cleaner. Tapi, performa ini hanya terdapat pada versi berbayarnya, yakni AVG Internet Security.

Dengan performa AVG Smart Scanning yang tidak akan membuat gangguan pada proses loading, dan kemampuan scan tetap running saat komputer dalam keadaan idle, layak kiranya AVG Antivirus menjadi salah satu dari 10 antivirus terbaik tahun 2010 versi toptenreviews.com.
Kelebihan AVG Antivirus

Berdasarkan pengalaman pemakai, ada sejumlah kelebihan AVG Antivirus yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:
  • Memiliki tingkat maintainability tinggi karena dilengkapi kemampuan mengupdate secara otomatis selama komputer terkoneksi dengan internet. Bahkan, update tersedia setiap hari, ini merupakan kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh antivirus lain.
  • AVG Antivirus juga mudah diinstalasi, support terhadap berbagai jenis operating system.
  • Efisien dalam proses scanning tanpa mengurangi akurasi dalam mendeteksi virus. Biasanya, program dengan tingkat ketelitian tinggi memiliki masalah dalam efisiensi. Namun, ini tidak ditemukan dalam AVG Antivirus.
  • Resources memory yang dipakai tergolong kecil sehingga tidak akan mengganggu kinerja PC maupun laptop saat antivirus aktif bekerja.
  • Dilengkapi fitur AVG Anti-Virus Social Networking Protection yang melakukan pemindaian virus pada situs jejaring sosial.
  • AVG Antivirus juga bisa dipasang sebagai plugin pada browser. Dengan demikian, aktivitas surfing menjadi jauh lebih aman.
  • Dilengkapi fitur PC Analyzer untuk scanning pada registry Windows dan hardisk.
Dengan berbagai kelebihan tersebut, silakan Anda tentukan apakah antivirus ini layak Anda pilih ataukah tidak.
source file: http://www.anneahira.com/kelebihan-avg.htm

Kelemahan AVG Antivirus
Berdasarkan pengalaman pengguna di Indonesia, ada beberapa titik kelemahan AVG Antivirus yang perlu Anda pertimbangkan.
  1. Memiliki ketergantungan yang sangat tinggi terhadap operating system. Oleh karena itu, apabila operating systemnya bermasalah, AVG Antivirus juga akan ikut bermasalah.
  2. Beberapa kali tercatat AVG membaca file.exe dan menganggapnya virus. Padahal, belum tentu file tersebut benar-benar virus.
  3. Sayangnya, saat AVG Antivirus menemukan file.exe yang dideteksi sebagai virus, ia akan langsung men-delete. Ini yang sering merepotkan karena kita harus menginstall lagi file.exe yang dihapus tersebut.
  4. Beberapa orang melaporkan bahwa AVG tidak akurat dalam mendeteksi trojan sehingga masih kalah bersih dibandingkan antivirus lain dalam program scanning.
  5. Kurang bersahabat dengan pengguna komputer pemula sebab penggunaannya tergolong rumit dan kurang simpel.

Nah, silakan Anda pertimbangkan untuk menggunakannya atau tidak

jika anda berminat dengan anti virus yang satu ini silakan download di
sini
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More